Analisis Kemampuan Literasi Matematis Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Di MTsN 1 Tulungagung

Main Article Content

Damar Danishwara
Nadya Alvi Rahma

Abstract

Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan seseorang untuk bernalar secara matematis dan untuk menerapkan, merumuskan, menafsirkan matematika di berbagai konteks dunia nyata. termasuk dalam prosedur, konsep, fakta, dan alat untuk mendeskripsikan, menjelaskan dan memprediksi fenomena. Ada 6 tingkatan level yang diperlukan oleh peserta didik dalam ketercapaian kemampuan literasi matematis. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis peserta didik dengan kognitif tinggi, sedang, maupun rendah berdasarkan ranah kognitif revisi Taksonomi Bloom dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif, lokasi penelitian berada di MTsN 1 Tulungagung dengan 5 peserta didik dari 32 peserta didik sebagai sampel. Metode pengumpulan data berupa, observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1)Subyek M.A.Z.D dengan kognitif tinggi mampu mencapai tingkat kemampuan literasi matematis berada pada level 6, sedangkan subyek E.A.R dengan kognitif yang sama berada pada level 2. (2)Subyek A.A.M1 dengan kognitif sedang mampu mencapai tingkat kemampuan literasi matematis berada pada level 6, sedangkan subyek A.S.S dengan kognitif yang sama berada pada level 3. (3)Subyek V.R.T.P dengan kognitif rendah mampu mencapai tingkat kemampuan literasi matematis berada pada level 4.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmad, S. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana.

Alfina, R. (2021). Taksonomi Solo Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Model Pisa Ditinjau Dari Level Kognitif. IAIN Tulungagung.

Azzila, M. U. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas XI Mipa 3 SMAN 1 Campurdarat Tulungagung pada Materi Trigonometri. IAIN Tulungagung.

Dwi, O., & Iwit, P. (2018). Analisis Hasl Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika 8, 2, 81 – 88.

Iir, A., Syamsuri, S., & Novaliyosi, N. (2020).Identifikasi Proses Penyelesaian Soal Literasi Matematika Siswa Kelas IX Pada Konten Peluang Dan Data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 4, 1, 331–345.

Ikha, B. W., & Rizki, D. P. (2018). Melatih Literasi Matematis Siswa SMP Melalui Problem Based Learning Berbasis Budaya Rembang Berbantuan Edmodo. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 428 – 435.

Nailil, M. A. Et. Al., (2021). Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar.

Nur, R., & Kiki, N. S. E. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Program For International Student Assessment (PISA). JIPMat 6, 1, 1–13.

Netriwati, N. (2018). Penerapan Taksonomi Bloom Revisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Desimal: Jurnal Matematika 1, 3, 347–352.

Ratni., dkk. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Dan Mathematical Habits Of Mind Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Numeracy, 5, 1, 2918, 67 – 76.

Yudi, Y., & Rajab V. (2019). Literasi Matematika (Mathematical Literacy) Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Bangka Belitung, cetakan ke-1. Yogyakarta : Deepublish.